ruang

Sering Tersedak Saat Tidur? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Mengalami tersedak saat tidur
Gambar: Ilustrasi
Ruang Ilham
Ruang Ilham
Print PDF

Surabaya, Ruang.co.id – Tersedak umumnya terjadi saat kita makan atau minum. Namun, ada kalanya seseorang mengalami tersedak saat tidur. Kondisi ini tentu saja cukup mengkhawatirkan dan perlu waspada. Hal ini bisa menjadi sinyal adanya gangguan kesehatan yang lebih serius.

Apa Penyebab Tersedak Saat Tidur?

Beberapa kondisi medis dapat menyebabkan seseorang tersedak saat tidur, di antaranya:

  • Sleep Apnea: Gangguan pernapasan saat tidur ini biasanya mulai dengan henti napas berulang kali. Ketika tubuh berusaha menarik napas, terkadang ada udara atau cairan yang masuk ke saluran pernapasan dan menyebabkan tersedak.
  • Refluks Asam: Kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan batuk atau tersedak, terutama saat berbaring.
  • Alergi atau Sinusitis: Reaksi alergi atau peradangan pada sinus dapat menghasilkan lendir berlebih yang mengalir ke belakang tenggorokan dan memicu tersedak.
  • Obstruksi Saluran Napas: Penyumbatan pada saluran napas, seperti akibat pembesaran adenoid atau polip hidung, dapat mengganggu pernapasan dan memicu tersedak.
  • Gangguan Saraf: Beberapa gangguan saraf tertentu bisa mempengaruhi koordinasi otot-otot yang terlibat dalam menelan, sehingga meningkatkan risiko tersedak.

Apa yang Harus Dilakukan?

Jika kamu sering mengalami tersedak saat tidur, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui penyebab yang mendasarinya. Beberapa pemeriksaan yang mungkin dilakukan antara lain tes darah, endoskopi, atau tes tidur.

Sementara itu, kamu dapat melakukan beberapa hal untuk mengurangi risiko tersedak. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dapat membantu mengurangi refluks asam. Bisa juga hindari makan berat atau minum banyak cairan sebelum tidur dapat mengurangi risiko gangguan ini. Kemudian jika kamu perokok, maka berhenti merokok karena merokok dapat memperburuk refluks asam dan masalah pernapasan lainnya. Selain itu jaga berat badan ideal. Obesitas dapat meningkatkan risiko sleep apnea.

Baca Juga  Wyndham Hotel Surabaya, Nikmati Yoga di Peringatan Earth Hour

Tersedak saat tidur bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan yang serius. Oleh karena itu, penting untuk segera mencari bantuan medis jika kamu mengalami kondisi ini secara berulang. Dengan penanganan yang tepat, masalah tersedak saat tidur dapat diatasi dan kualitas tidur kamu dapat kembali normal.