Surabaya, Ruang.co.id – Telkomsel Pastikan Jaringan Internet OptimalMasa arus mudik lebaran Idul fitri 2024, sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital di Indonesia serta bagian dari Badan Usaha Milik Negara Grup Telkom. Menyiapkan adanya peningkatan signifikan dalam traffic layanan data dan broadband selama arus mudik lebaran Idul Fitri tahun ini. kenaikan traffic diperkirakan mencapai 26.3%.
Vice President Area Network Operations Jawa Bali Telkomsel Juanita Erawati menjelaskan, peningkatan trafik data ini akan didominasi oleh berbagai layanan digital yang populer.
“Kenaikan trafik data didominasi oleh akses layanan media sosial, layanan online gaming, layanan komunikasi, layanan streaming video, serta layanan akses e-commerce,” ujarnya Juanita Erawati (2/4/).
Untuk mengantisipasi lonjakan ini, Telkomsel telah melakukan optimalisasi kualitas dan peningkatan kapasitas di 139 Point of Interest (POI) yang tersebar di berbagai lokasi strategis di Jawa Bali.
“Prediksi kenaikan trafik ini juga perlu diantisipasi dengan peningkatan kapasitas BTS sebanyak 105 unit BTS 4G/LTE serta mengoperasikan tambahan 14 unit Compact Mobile BTS (COMBAT),” tambahnya.
Selain itu penambahan kapasitas tersebut terfokus pada berbagai titik strategis, termasuk pusat perbelanjaan, transportasi, jalur mudik, dan kawasan ibadah. “Upaya ini kami lakukan untuk menambah kenyamanan pelanggan terutama ketika periode mudik yang akan dimulai minggu ini,” ungkap Juanita.
Mirza Budiwan, Vice President Consumer Business Area Jawa Bali Telkomsel, menjelaskan bahwa Telkomsel juga akan hadir secara langsung melalui Posko Siaga di berbagai lokasi strategis.
“Kami menghadirkan 21 Posko Siaga yang terdiri dari 5 Posko Flagship dan 16 Posko Regular untuk mempererat tali silaturahmi bersama pelanggan, sekaligus memastikan setiap kebutuhan digital pelanggan dapat terpenuhi dengan layanan yang mampu memaksimalkan ibadah di bulan penuh keberkahan ini,” ujarnya.
Tidak hanya sebagai pusat layanan komprehensif, Posko Siaga juga akan menjadi tempat interaktif untuk berbagi kegembiraan dan kebersamaan dengan pelanggan. “Kegiatan interaktif, seperti games, live music, massage chair hingga phone charging, juga dihadirkan sebagai sarana untuk berbagi kegembiraan dan kebersamaan,” tambah Mirza.
Telkomsel juga menegaskan komitmennya dalam mendukung prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dengan mengintegrasikannya ke dalam setiap langkah bisnisnya. Melalui inisiatif filantropi “Telkomsel Sambungkan Senyuman”, Telkomsel akan meluncurkan sejumlah rangkaian kegiatan bagi masyarakat yang membutuhkan di berbagai daerah di Indonesia.