ruang

Cagub Khofifah Dorong UMKM Sidoarjo: Story Telling dan Koneksitas Jadi Kunci Sukses

Khofifah Indar Parawansa UMKM Ekspor Telur Asin Sidoarjo
Calon Gubernur Khofifah Indar Parawansa kunjungi UMKM Telur Asin di Sidoarjo, mendorong koneksitas dan strategi storytelling untuk meningkatkan pasar lokal dan ekspor.
Ruang redaksi
Print PDF

Sidoarjo, Ruang.co.id – Pelaku usaha UMKM Telur Asin Bebek dengan nama brand t-Gan dari Kampung Sentra Bebek dan Telur Asin di desa Kebonsari, Kec. Candi, Sidoarjo, didatangi Khofifah Indar Parawansa, Cagub Incumbent dengan nomor urut 2 di Pilkada Jatim, Senin siang (14/10).

Nur Hidayat, pemilik UMKM t-Gan Telor Asin mengatakan, kedatangan Khofifah merupakan kali kedua ini selama musim Pilkada, yakni 5 tahun lalu Khofifah berpasangan dengan Emil Elestyanto Dardak mencalonkan dan jadi Gubernur dan Wakil Gubernur. Kini, di suasana yang serupa, Khofifah dengan pasangan calon (Paslon) yang sama, maju lagi di Pilgub dan Pilwagub 2024.

“5 tahun lalu Bu Khofifah mencalonkan gubernur Jatim datang kesini untuk minta dukungan warga Kebonsari, Candi, Alhamdulillah jadi gubernur. Sekarang Bu Khofifah datang kesini lagi, semoga kembali jadi dan dilantik jadi gubernur lagi,” ungkap Nur Hidayat.

UMKM Telur Asin Nur Hidayat diawali tahun 1995, dalam perjalanan waktu mengalami pasang surut dan jatuh bangun.

Lima tahun lalu, usaha UMKM Telur Asin Nur Hidayat belum banyak varian seperti sekarang, pasar konsumennya pun masih lokal dan regional Jatim.

Sekarang, Telur Asin Bebek merk t-Gan ini semakin bertambah varian yakni Telur Asin Original Presto, Telur Asin Bakar, Panggang, dan Oven. Pasar konsumennya pun semakin meluas hingga manca negara, yakni ekspor ke Jepang, Belanda, Hongkong, dan Amerika.

Saat dikunjungi Cagub Khofifah kali ini, Nur Hidayat kembali curhat berharap ada penambahan pasar lokal hingga nasional, bila nanti Khofifah memenangi Pilkada dan dilantik kembali jadi Gubernur Jatim.

“Kami berdoa dan berharap ibu (Khofifah) jadi Gubernur lagi, dan saya ingin curhat lagi nantinya mohon dibantu penambahan pasar penjualan Telor Asin kami,” pintanya disambut riuh tepuk tangan warga yang hadir.

Baca Juga  Khofifah Berharap Dapat Nomor Urut 2 di Pilgub Jatim 2024

Kepada Cagub Khofifah pula, Pelaku UMKM sukses ini menjelaskan tentang kualitas dan mutu usaha Telur Asinnya, mulai dari proses ternak Bebek, hingga pengolahan menjadi Telur Asin.

“Perlu ibu Khofifah ketahui, Telur Asin kami dari bebek dengan sumber makanannya yang berkualitas dan bermutu. Ternak Bebek kami makannya Kupang (jenis kerang kecil dan lunak) hanya ada disini, di Sidoarjo. Memang harganya agak sedikit mahal dari Telur Asin umumnya,” terang Nur Hidayat.

“Selain itu, kami juga menerima limbah makanan kuliner untuk dikonsumsi ternak Bebek kami, yang kami perhatikan betul mutu sumber makanannya, dan proses produksi Telur Asin Bebek kami dengan higenis,” imbuhnya.

Cagub Khofifah merespon curhat keinginan juragan Telur Asin ini, disaksikan sekitar 100 ibu dari Muslimat Candi.

Tidak hanya itu, Cagub Khofifah sengaja mengajak 2 wanita pengusaha restoran sukses, salah satunya Ketua pengurus DPD IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) Jatim, yakni Susmiati Rahmawati, yang dikenal dengan nama usaha Restoran Apung Rahmawati.

Selain itu, cagub dengan nomor urut 2 ini menjelaskan perlunya koneksitas untuk memajukan UMKM di Jatim.

Ia mengatakan pentingnya koneksitas antara produsen, penjual, dan konsumen untuk mengembangkan UMKM yang terus tumbuh positif di Jatim.

“Untuk meningkatkan daya saing, kita perlu membangun koneksitas yang kuat. Saya ajak dua orang pengusaha kuliner dan catering agar bisa melihat langsung potensi yang ada,” imbuhnya.

Dua orang wanita sukses pengusaha restoran dan katering ini dikenalkan kepada Nur Hidayat untuk menjalin kerja sama pengembangan pasar Telur Asinnya.

“Silakan pak Nur kenalan langsung untuk saling kontak mulai sekarang menjalin kerja sama. Beliau – beliau punya ribuan restoran dan katering, untuk memesan Telur Asin pak Nur dijual di restorannya,” ujarnya.

Baca Juga  Bertemu Aktivis Milenial, Subandi Usung Smart City dan Reformasi Birokrasi

Cagub Khofifah menjelaskan, produk UMKM berkualitas perlu didukung dengan sistem promosi yang baik, untuk menarik minat konsumen. Dengan mengetahui asal usul dan kualitas produk, pelaku usaha bisa meningkatkan daya tariknya.

Oleh karenanya, Cagub Khofifah memberi masukan untuk dibuatkan Story Telling, yakni ada cerita singkat yng menarik dari proses sebelum menjadi Telur Asin, yang dituliskan di cangkangnya, bahwa Telur Asin t-Gan berasal dari ternak Bebek yang sumber makanannya dari Kupang dan hanya ada di Desa Kebonsari, Kec. Candi, Sidoarjo.

‘Jadi orang yang beli sebelum memakan Telur Asinnya baca jadi semakin penasaran baca story tellingnya, gimana sih rasa Telur Asinnya?,“ pungkas Cagub Khofifah, sebelum beranjak melanjutkan agendanya mengunjungi UMKM sukses lainnya usaha Kerupuk di Desa Kedung Rejo, Kec. Jabon, Sidoarjo. (DIN)