ruang

4 Negara Ikuti Fide Rated International Turnamen Catur Percasi Kota Surabaya dan Garam Cap Kapal

Cap Kapal Checkmate Fide Rated International
Ketua Panitia CAP KAPAL CHECKMATE Hesnud Daulah, Siap Gelar Turnamen catur Cap Kapal Checkmate Fide Rated International.
Ruang redaksi
Print PDF

Surabaya, Ruang.co.idPercasi Surabaya terus menciptakan Inovasi event turnamen catur, dari tingkat Kota, tingkat Provinsi, Tingkat nasional (terbuka) hingga level Internasional.

Hal ini terbukti setelah sukses menggelar even rutin antar pelajar tiap bulan di beberapa daerah kota/kab di jawa timur. Kali ini Perusahaan Garam beryodium dengan motto mencerdaskan anak bangsa yakni Garam Cap Kapal, berkomitmen dalam perkembangan catur di Indonesia kembali bersama Percasi surabaya menggelar even catur Internasional tgl 12- 14 Juli 2024 di Ballroom Choice City- BG Junction Mall Surabaya.

“Adalah turnamen pertama digelar di Jatim dengan Kemasan Elo Rating Under 1800 & diikuti mayoritas junior atau pelajar. Trend ini menunjukkan antusias pelajar atau junior terhadap catur smakin meningkat,” ujar Hesnud Daulah, M.Psikolog, NA, Ketua Panitia CAP KAPAL CHECKMATE sekaligus Ketua KING KNIGHT CREATIVE.

 

CAP KAPAL CHECKMATE
Turnamen catur Cap Kapal Checkmate Fide Rated International

Lanjut Hesnud, Tujuan event ini agar atlet catur berpotensi bisa memiliki Elo Rating Internasional yang merupakan awal seorang pecatur bisa meraih gelar Master Fide, Master Internasional hingga GM pada tahapan rating tertentu.

Uniknya turnamen catur ini banyak dari peserta junior atau pelajar. Ada dari 4 negara yang ambil bagian untuk mengikuti ajang internasional ini, diantaranya Malaysia, Rusia, Belanda dan Indonesia sendiri. Yang tersebar dari berbagai provinsi dari Batam, Palembang, DKI Jabar, Bali, NTB, Jatim, Kalimantan, Sulawesi. Total peserta sampai skrg ada 75 peserta.

“Kami senang dengan kehadiran atlet catur dari beberapa negara. Berarti kemasan konsep ini menjadi daya tarik bagi atlet yg ingin meraih prestasi tingkat internasional.”

Sementara itu, Budi Leksono, selaku Ketua Percasi Surabaya terus mendukung kegiatan dan turnamen Catur di Surabaya. Komitmen Buleks, sapaan akrab selaku Anggota DPRD Surabaya dan ketua percasi surabaya untuk memajukan catur di surabaya terus meningkat. Dari event catur di cafe, hotel, warung- warung, SWK, tingkat surabaya, tingkat provinsi, nasional.

Baca Juga  Pelatih Timnas U-19 Indonesia Siap Ulangi Sukses 2013

“Dengan turnamen catur Fide Rated (Standard Internasional) yg akan dilaksankan oleh Percasi Surabaya bersama Garam Cap Kapal dan King Knight Creative sbagai pelopor munculnya Event2 berlevel Internasional di Jawa Timur,” tandasnya. (R1)