ruang

Junior Rapid Cap Kapal Checkmate Championship 2024 Dibanjiri Pecatur Cilik 4 Provinsi

Pecatur Cilik 4 Provinsi ikuti Junior Rapid Cap Kapal Checkmate Championship 2024
Ruang redaksi
Print PDF

Surabaya, Ruang.co.id – Junior Rapid Cap Kapal Checkmate Championship 2024, yang dilaksanakan pada Sabtu, (7/9/2024). Disambut antusias para pecatur cilik dari berbagai provinsi.

Turnamen catur ini diikuti oleh ratusan pelajar dari berbagai daerah, termasuk Jawa Timur, Mataram-NTB, Bandung- Jawa Barat, dan Jogja- DIY. Event yang didukung oleh Garam Cap Kapal ini merupakan bagian dari rangkaian kompetisi rutin yang diadakan setiap bulan, dengan berbagai kategori berdasarkan usia peserta.

Hesnud Daulah, M.Psikolog, NA Ketua Panitia Cap Kapal Checkmate, menyampaikan, turnamen ini merupakan hasil kolaborasi antara Garam Cap Kapal (GCK) dan King Knight Creative (KKC), yang bertanggung jawab dalam konsep dan penyelenggaraan acara.

Pecatur Cilik 4 Provinsi ikuti Junior Rapid Cap Kapal Checkmate Championship 2024

Seluruh peralatan catur, termasuk jam catur digital, disediakan oleh panitia, sehingga peserta hanya perlu hadir dan bertanding.

“Penyediaan fasilitas ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap pemain dapat fokus pada permainan tanpa harus khawatir mengenai peralatan,” jelasnya.

Hesnud menambahkan, kejuaraan ini mempertandingkan delapan kategori, dari usia 5 tahun hingga 9 tahun.

Melalui kompetisi ini, muncul banyak juara baru, serta peserta baru yang menunjukkan bahwa promosi catur di kalangan pelajar semakin meningkat.

“Ini adalah indikator positif terhadap perkembangan olahraga catur di tingkat pendidikan dasar,” katanya.

Ia menyebut, catur tidak hanya sekadar permainan yang memperebutkan Juara, tetapi juga merupakan sarana pendidikan yang kaya akan makna kehidupan.

“Juara itu bukan tujuan utama, tapi hasil dari proses pelatihan yang panjang,” imbuhnya.

Masih Hesnud, setiap langkah dalam permainan catur mengandung makna dan pelajaran yang bisa diambil untuk kehidupan sehari-hari.

Peserta diajak untuk berproses, berlatih, dan mempelajari strategi serta filosofi di balik setiap langkah. Fokus utama bukanlah hanya untuk meraih gelar juara, tetapi untuk menikmati proses belajar dan pengembangan keterampilan.

Baca Juga  Luka di Tangan, Bukti Dedikasi Tinggi Veddriq Leonardo

Sebagai informasi, event berikutnya masih di tempat yang sama, yang akan digelar pada 29 September 2024, juga akan disponsori oleh Garam Cap Kapal.

Kompetisi ini akan mempertandingkan kategori usia under 12 tahun, dan diharapkan akan menarik minat lebih banyak peserta.

Percasi Surabaya menyampaikan terima kasih kepada Garam Cap Kapal atas dukungannya yang konsisten dalam memajukan olahraga catur di Surabaya.

Dukungan dari perusahaan seperti Garam Cap Kapal sangat berharga dan diharapkan dapat terus berlanjut, mendukung perkembangan catur serta membantu mengembangkan minat dan bakat anak-anak dalam olahraga ini.

Dengan keberhasilan turnamen ini, diharapkan bahwa lebih banyak pelajar akan terinspirasi untuk mendalami catur dan mendapatkan manfaat dari permainan yang mendidik ini.

“Semoga ke depan, lebih banyak event serupa dapat diadakan, memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk tumbuh dan berkembang melalui catur,” tutur Hesnud.