ruang

Piala AFF U-19, Australia Singkirkan Vietnam 6-2

Ruang redaksi
Print PDF

Surabaya, Ruang.co.id – Timnas Australia U-19 semakin memantapkan diri menapak ke babak Semifinal Piala AFF U-19. Hasil maksimal ini didapatkan setelah dalam laga keduanya di grup B, Tim berjuluk The Socceross itu mampu menghempaskan Vietnam U-19 dengan skor 6-2, minggu (21/7).

Meski bermain dibawah terik matahari sore di stadion Gelora 10 November Surabaya, tidak membuat permainan Australia terganggu. Justru sebaliknya, Australia bermain menekan dan mengendalikan permainan sejak menit menit awal dimulainya pertandingan.

Di menit 19, Australia membuka gol lewat Jake Najdovski yang berhasil memanfaatkan umpan Tiago Quintal. Kemudian Najdovski membuat brace setelah mendapat umpan terobosan dari Oliver Randozo di menit 39. Skor 2-0 in8 bertahan hingga babak kedua berakhir.

Memasuki Babak kefua, Australi kembali menambah gol ketiganya lewat kaki Arion Sulemani di menit 49. Namun Vietnam berhasil membuat gol kejutan untuk memperkecil kedudukam menjadi 3-1 melalui tendangan jarak jauh Hong Quang Dung di menit 57.

Tapi tidak lama kemudian kembali Australia menambah gol lewat Jake Najdovski yang membiat gol hatriknya di menit 66. Belum puas dengan 4 gol, Australua kembali mencetak gol kelimanya melalui zane Helwett di menit 74 hingga menggugah kedudukan 5-1.

Namun, sebuah kesalahan dibuat kiper Australia Dyland Peraic Cullen yang terlalu lama menahan bola di kotak penalti. Lalu diserobot pemain Vietnam, sehingga kiper negeri kangguru itu terpalsa melakulan pelanggaran di kotak penalti. Sehingga wasot menunjuk titik putih. Nguyen Bao Long yang menjadi eksekutor berhasilelakukan tugasnya sehingga kedudukan berubah menkadi 5-2 untuk Australia.

Kemudian saat laga memasuki injure time, Australia menambah satu gol lagi melalui kaki Luke Antoni Vickery. Gol di menit 96 sekaligus menutup laha dengan hasil 6-2.

Baca Juga  Berkat Gol Bunuh Diri Thailand Melaju Ke Final AFF U-19

Dengan hasil ini posisi Australia di klasemen sementara Grup B semakin mantap dengan tambahan tiga point sehingga memimpin Klasemen dengan mengantongi enam point. Dengan begitu Australia menapakan kakinya lagi menuju babak semifinal di turnamen ini. (R3)