ruang

Melihat Latihan Gabungan BASARNAS Karuna Nisevanam di Selat Bali

Latihan Gabungan BASARNAS Karuna Nisevanam Top Drill Exercise 2024 di perairan Selat Bali
Ruang redaksi
Print PDF

Banyuwangi, Ruang.co.id – Berlokasi di perairan Selat Bali, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Latihan gabungan dengan tajuk “Karuna Nisevanam Top Drill Exercise 2024” Kamis (29/8/2024).

Latihan Karuna Nisevanam merupakan latihan SAR gabungan antara unsur yang dimiliki BASARNAS dengan unsur Kementrian atau Lembaga Pemerintah, BUMN, PIhak Swasta, organisasi berpotensi SAR.

Pada tahun 2024 ini, latihan Karuna Nisevanam dilaksanakan oleh tiga Kantor SAR, yaitu Kantor SAR Surabaya, Kantor SAR Denpasar, dan Kantor SAR Mataram, beserta sejumlah stake holder maritim terkait di sekitar perairan selat Bali.

Pelaksanaan simulasi latihan Karuna Nisevanam 2024 di Selat Bali disaksikan oleh Kepala BASARNAS, Marsekal Madya TNI Kusworo, S.E., M.M., Deputi Operasi SAR dan Kesiapsiagaan, Laksda TNI Ribut Eko S., Direktur Kesiapsiagaan, Noer Isrodin M., S.Pd., M.M., serta Direktur Sistem Komunikasi, Brigjen TNI Denih Dahtiar.

Dalam sambutannya saat membuka apel latihan, Kabasarnas mengatakan, latihan ini merupakan persiapan nyata yang dirancang untuk menghadapi tantangan yang akan terjadi. Setiap langkah peran yang diambil merupakan cerminan dedikasi dan tanggung jawab untuk mewujudkan rasa aman, nyaman dan selamat kepada masyarakat yang beraktivitas di alur penyeberangan Ketapang – Gilimanuk ini.

Lebih lanjut Kabasarnas menjelaskan, latihan Karuna Nisevanam ini mempertegas komitmen yang kuat dalam menjaga dan meningkatkan kesiapsiagaan SAR untuk melindungi dan menyelamatkan sesama yang berada dalam situasi bahaya.

Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhamad Hariyadi, S.Sos., Kepala Kantor SAR Denpasar, Kepala Kantor SAR Mataram, dan sejumlah Kepala Kantor SAR lainnya juga ikut mendampingi Kabasarnas sebagai observer.

Sejumlah tamu undangan hadir menyaksikan latihan Karuna Nisevanam ini, diantaranya dari Wakil Bupati Banyuwangi, H. Sugirah, S.Pd., M.Si., ASDP, unsur TNI dan POLRI, BMKG, KSOP, Airnav, KPLP, Gapasdap, LBP, INFA, Jasa Raharja, BPTD, BKK, PT DLU, Dishub, RAPI, dan BPBD Banyuwangi.

Baca Juga  100 Orang Potensi SAR Jatim Jalani Latihan High Angle Rescue Technique dan Water Rescue BASARNAS

Rangkaian latihan Karuna Nisevanam 2024 ini berlangsung selama tiga hari. Pada hari pertama, Selasa (27/8/2024), para peserta melaksanakan Tactical Floor Game (TFG) dengan panduan dari tim Direktorat Kesiapsiagaan BASARNAS.

Padi hari kedua, Rabu (28/8/2024), seluruh peserta latihan, mulai dari unsur Setlat (Sekretariat Latihan), para pelaku latihan, safety officer, dan tim pendukung, melaksanakan gladi bersih dengan skenario latihan yang telah disiapkan.

Puncaknya pada hari ketiga latihan, dilaksanakan simulasi operasi SAR terhadap sebuah kapal penyeberangan yang terbakar saat dalam pelayaran dari pelabuhan Ketapang menuju ke pelabuhan Gilimanuk.

Merespon kejadian ini, Kepala Kantor SAR Surabaya menginstruksikan Koordinator Pos SAR Banyuwangi agar berkoordinasi dengan potensi SAR sekitar guna permintaan personel dan Alut untuk dukungan SAR.

Kepala Kantor SAR Surabaya juga berkoordinasi dengan unsur internal permintaan personel dan Alut BASARNAS lainnya, yaitu Kantor SAR Denpasar dan Kantor SAR Mataram, guna permintaan dukungan SAR juga.

Sejumlah Alut SAR dikerahkan dalam simulasi operasi SAR ini seperti dua RIB Pos SAR Banyuwangi dan RBB Pos SAR Banyuwangi sebagai safety officer sedangkan proses pencarian dan evakuasi korban di laut dilakukan oleh KN SAR Permadi dari Surabaya, RB (Rescuer Boat) 220 Mataram, RIB Pos SAR Jembrana, RIB LANAL Banyuwangi, RIB Satpolairud Banyuwangi, dan KN KPLP.

Selain evakuasi di laut, BASARNAS yang mengerahkan helikopter dauphin AS 365 N3+ HR-3603 untuk melaksanakan evakuasi medis udara terhadap satu orang korban dari kapal yang terbakar dan satu orang korban yang terdampar di pantai utara Gilimanuk.