ruang

Wamen ATR/BPN Bagikan Sertipikat Tanah Masyarakat Didampingi Kakanwil BPN Provinsi Jatim

Wamen ATR/BPN Bagikan Sertipikat Tanah Masyarakat Didampingi Kakanwil BPN Provinsi Jatim
Ruang redaksi
Print PDF

Malang, Ruang.co.id – Di Kantor Pertanahan Kota Malang Penyerahan Sertipikat Tanah oleh Wakil Menteri ATR/ Wakil Kepala BPN dan sekaligus menyelamatkan aset negara senilai 500 miliyar dengan menerbitkan 12 sertipikat aset Pemkot Malang. (2/9/2024).

Dalam penyerahan Sertipikat tanah Masyarakat, Kepala Kanwil BPN Prov Jawa Timur, Bapak Lampri membuka dengan Pantun yang disambut hangat seluruh peserta yang hadir pada giat tersebut.

“makan ketan minum gula aren
ke ketapang bersama duda keren
selamat datang Bapak Wamen”

Dalam sambutannya Bapak Lampri menyampaikan capaian-capaian sejak Beliau dilantik hingga saat ini. Atas semangat Jatim Spartan yang menjadi tagline BPN Jatim, Jatim yang awalnya berada di peringkat 15 untuk program PTSL, telah naik menjadi peringkat 3 pada saat ini.

Pada saat ini telah 10 Kantor yang deklarasi kota lengkap dan pada tanggal 13 September 2024 nantinya akan bertambah 2 lagi Kantor Pertanahan yang akan deklarasi Kota Lengkap, besar harapan Bapak Kakanwil agar Kantor Pertanahan lainnya segera berakselerasi dalam Kabupaten/ Kota Lengkap.

Bapak Kakanwil juga sampaikan Seluruh Kantor Pertanahan se-Provinsi Jawa Timur atau 39 (tiga puluh sembilan) Satuan Kerja telah melakukan Implementasi Pelayanan Elektronik pada tanggal 19 Juli 2024 lalu, sehingga dipastikan sertipikat yang terbit atas permohonan setelah tanggal tersebut adalah sertipikat elektronik.

Bapak Raja Juli Antoni, selaku Wakil Menteri ATR/ Kepala BPN menyampaikan penyerahan sertipikat bertujuan untuk melindungi aset negara. Beliau bersyukur karena jajaran Kanwil Jatim dapat menyelamatkan aset negara senilai 500 miliyar dengan menerbitkan 12 sertipikat aset Pemkot Malang.

Lebih lanjut Beliau sampaikan 10 tahun terakhir terjadi perubahan signifikan dalam administrasi pertanahan. Hingga 2024 sebanyak 46 juta bidang tanah yang baru tersertifikasi, karena target 500 bidang tanah per tahun pada tiap Kantah. Sekarang jumlah sertipikat tanah sudah sebanyak 92 juta bidang, naik 100% lebih dan 117 juta bidang tanah sudah terpetakan.

Baca Juga  AHY Mentri ATR/BPN Serahkan 10 sertifikat Tanah Wakaf Rumah Ibadah dan Pendidikan di Sidoarjo

“Insyaalloh dengan program keberlanjutan diharap 2025 seluruh bidang dapat seluruhnya tersertipikat”, ucap Wamen. Beliau juga berpesan kepada penerima sertipikat untuk menjaga sertipikat tanahnya baik-baik, difoto kopi dan disimpan di tempat yang berbeda.

Pada giat ini diserahkan:

1. Sertipikat Hak Pakai untuk Pemerintah Kota Malang, sejumlah 12 Sertipikat;
2. Sertipikat Hak Milik dan Sertipikat Wakaf untuk Organisasi Nahdlatul Ulama, sejumlah 7 Sertipikat;
3. Sertipikat Hak Guna Bangunan dan Hak Milik untuk Yayasan Sosial Pendidikan, dan Keagamaan, sejumlah 3 Sertipikat;
4. Sertipikat Hak Milik untuk Masyarakat Peserta kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Kota Malang, sejumlah 40 Sertipikat.

Setelah melaksanakan giat di Kantor Pertanahan Kota Malang; Bapak Kakanwil mendampingi Bapak Wamen melaksanakan kunjungan ke Kantor Pertanahan Kabupaten Malang dalam rangka meninjau saranan dan prasarana yang ada pada Kantor tersebut.

Dalam acara penyerahan sertipikat tersebut, hadir dalam acara ini Wakil Menteri ATR/ Wakil Kepala BPN; Kepala Kantor Wilayah BPN Prov Jawa Timur; para Kepala Kantor Pertanahan, Sekda dan Asisten 3 Pemerintah Kota Malang, para Kepala Dinas, Forkopimda, Ketua PC NU Kota Malang dan IPPAT serta masyarakat Kota Malang.