ruang

Stop Pakai Lotion di Area Miss V!

Lotion area miss v
Gambar: Ilustrasi pemakaian lotion
Ruang Ilham
Ruang Ilham
Print PDF

Surabaya, Ruang.co.id – Mengapa banyak wanita, bahkan remaja, memiliki kebiasaan menggunakan lotion di area miss V? Padahal, area ini sangat sensitif dan membutuhkan perawatan khusus.

Area miss V merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif. Oleh karena itu, penting untuk merawatnya dengan benar. Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh beberapa wanita adalah menggunakan lotion di area miss V. Namun, tahukah kamu bahwa kebiasaan ini justru dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan?

Menggunakan lotion di area Miss V sangat tidak disarankan. Area tersebut memiliki pH yang seimbang dan sangat sensitif. Lotion dapat mengganggu keseimbangan pH alami, menyebabkan iritasi, infeksi, bahkan meningkatkan risiko penyakit menular seksual.

Mengapa Lotion Tidak Cocok untuk Area Miss V?

Area miss V memiliki pH alami yang seimbang untuk menjaga pertumbuhan bakteri baik. Penggunaan lotion yang mengandung bahan kimia seperti parfum, pewangi, dan pengawet dapat mengganggu keseimbangan pH ini. Akibatnya, pertumbuhan bakteri jahat menjadi lebih mudah dan dapat menyebabkan berbagai infeksi seperti:

  • Infeksi jamur. Tanda-tandanya adalah gatal-gatal, keputihan abnormal, dan rasa perih.
  • Iritasi. Kulit di area miss V akan menjadi merah, bengkak, dan terasa gatal.
  • Alergi. Beberapa wanita mungkin mengalami reaksi alergi terhadap bahan-bahan kimia dalam lotion.

Risiko Jangka Panjang

Selain masalah kesehatan di atas, penggunaan lotion secara rutin di area miss V juga dapat menimbulkan risiko jangka panjang, seperti:

  • Gangguan keseimbangan hormon. Perubahan pH dapat mengganggu keseimbangan hormon yang mengatur siklus menstruasi.
  • Kanker serviks. Meskipun belum ada penelitian yang secara langsung menghubungkan penggunaan lotion dengan kanker serviks, namun gangguan keseimbangan pH dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi HPV yang merupakan salah satu penyebab kanker serviks.
Baca Juga  Tak Perlu Skincare, ini 10 Manfaat Alpukat Untuk Kecantikan Wajah

Cara Merawat Area Miss V yang Benar

Untuk menjaga kesehatan area miss V, sebaiknya kamu melakukan hal-hal berikut:

  • Gunakan sabun pembersih khusus area intim. Sabun ini memiliki pH yang seimbang dan tidak mengandung bahan kimia yang keras.
  • Jangan terlalu sering membersihkan. Membersihkan area miss V terlalu sering justru dapat menghilangkan bakteri baik yang berguna.
  • Keringkan dengan handuk bersih. Setelah membersihkan, keringkan area miss V dengan handuk bersih dan lembut.
  • Gunakan pakaian dalam yang nyaman. Pilihlah pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun dan tidak terlalu ketat.
  • Konsultasikan dengan dokter. Jika kamu mengalami keluhan pada area miss V, segera konsultasikan dengan dokter.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit yang halus dan lembut? Terutama di area yang sering terpapar gesekan. Kulit yang terawat dan harum seringkali dikaitkan dengan kebersihan dan daya tarik. Pengaruh iklan produk kecantikan dan rekomendasi dari teman seringkali membuat seseorang penasaran dan ingin mencoba.

Menggunakan lotion di area miss V dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kebiasaan ini dan gunakan produk perawatan khusus yang dirancang untuk area intim. (R4)