ruang

Yogyakarta Catat Angka Kasus Skizofrenia Tertinggi di Indonesia, Apa Penyebabnya?

Ilustrasi Gambar Kasus Skizofrenia
Gambar: Ilustrasi
Ruang Ilham
Ruang Ilham
Print PDF

Yogyakarta, Ruang.co.id – Skizofrenia di Indonesia memang menjadi perhatian serius. Meskipun tidak ada data yang secara pasti menunjukkan provinsi mana yang memiliki kasus tertinggi, beberapa penelitian dan data terbaru menunjukkan bahwa Yogyakarta pernah tercatat memiliki kasus skizofrenia tertinggi di Indonesia.

Yogyakarta, kota pelajar yang terkenal dengan suasana sejuk dan budaya yang kaya, ternyata juga menjadi sorotan karena tingginya angka kasus skizofrenia.

Mengapa Yogyakarta?

Beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab tingginya kasus skizofrenia di Yogyakarta antara lain beban akademik dimana Yogyakarta memiliki banyak universitas yang menawarkan program studi yang kompetitif. Tekanan untuk berprestasi memicu stres kronis pada mahasiswa, menjadi salah satu faktor risiko terjadinya gangguan mental seperti skizofrenia.

Selain itu, kurangnya kesadaran masyarakat yang belum sepenuhnya memahami tentang gangguan mental seperti skizofrenia. Akibatnya, banyak kasus yang tidak terdiagnosis dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Dan kemungkinan besar juga karena faktor genetik. Faktor genetik juga berperan penting dalam munculnya skizofrenia. Jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat skizofrenia, maka risiko seseorang untuk mengalami gangguan yang sama juga akan meningkat.

Tingginya angka kasus ini di Yogyakarta membawa sejumlah tantangan, baik bagi individu yang mengalaminya maupun bagi masyarakat secara keseluruhan. Penderita skizofrenia seringkali mengalami kesulitan dalam berinteraksi sosial, bekerja, dan menjalani kehidupan sehari-hari. Stigma negatif yang masih melekat pada gangguan mental juga dapat memperburuk kondisi mereka.

Merabaknya gangguan ini di Yogyakarta menjadi pengingat akan pentingnya kesehatan mental. Dengan meningkatkan kesadaran, deteksi dini, dan akses pelayanan, diharapkan kasus skizofrenia di Yogyakarta dapat menurun dan kualitas hidup penderita dapat meningkat.

Masalah skizofrenia bukan hanya tanggung jawab sektor kesehatan, tetapi juga melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Pemerintah, lembaga pendidikan, keluarga, dan masyarakat umum memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung bagi penderita skizofrenia.

Baca Juga  Ribuan Massa Demo Kawal Putusan MK di DPRD Jatim