ruang

Film Sumala, Kisah Nyata Pembalasan Anak Kembar di Semarang Tahun 1948

Poster Film Sumala
Sumber: Instagram @hitsmakestudios)
Ruang Ilham
Ruang Ilham
Print PDF

Surabaya, Ruang.co.id – Industri film horor Indonesia sedang mengalami kebangkitan pesat. Film horor produksi dalam negeri sedang mengalami masa keemasan.

Film Sumala juga akan hadir menambah angin segar di dunia perfilman horor Indonesia. Diangkat dari kisah nyata di kabupaten Semarang tahun 1948 melalui thread Bang Betz Illustration yang viral. Rizal Mantovani sebagai sutradara bersama Rocky Soraya sebagai produser, merasa tertantang untuk mengerjakan film ini dengan pengalamannya yang sudah tidak perlu diragukan.

Sinopsis Film Sumala

Darius Sinatria (kiri) dan Luna Maya (kanan) dalam salah satu adegan di Film Sumala
Darius Sinatria (kiri) dan Luna Maya (kanan) dalam salah satu adegan film Sumala (sumber: instagram @hitmakestudios)

Sumala menceritakan tentang pasangan suami istri, Soedjiman (Darius Sinatria) dan Sulastri (Luna Maya), mendambakan kehadiran anak.  Dilema mendalam menghantui Sulastri yang mendambakan seorang anak. Dalam kegelapan hatinya, ia tergoda untuk melakukan ritual mistis. Tanpa sepengetahuan suaminya, Soedjiman, ia menjalin kesepakatan gelap dengan makhluk halus.

Akhirnya Sulastri hamil dan melahirkan bayi kembar, Kumala (Makayla Rose) dan Sumala (Makayla Rose). Namun sayangnya hanya Kumala yang dapat bertahan hidup meskipun dengan kondisi cacat fisik dan mental. Karena kondisinya ini, ia sering mendapat perlakuan buruk dari sekitarnya. Suatu hari, Sumala datang untuk membalas perlakuan semua orang yang telah menyakiti saudara kermbanya tersebut.

Kisah ini sangat ramai pada tahun 1970 karena banyak anak kecil hilang secara misterius di salah satu kabupaten Semarang. Warga kampung mempercayai bahwa sosok Sumala yang telah melakukan hal tersebut kepada anak-anak yang telah menyakiti Kumala.

Oleh karena itu, semua anak-anak tidak boleh keluar rumah setelah maghrib pada saat itu untuk menghindari Sumala. Dan kepercayaan ini masih berlangsung sampai saat ini.

Sumala Thread
Thread @bangbetz.iilustration

Penasaran kelanjutannya? Film Sumala ini akan rilis tanggal 26 September 2024. Jangan lupa saksikan di bioskop kesayangan Anda.

Baca Juga  13 Rekomendasi Serial Drama Korea Terpopuler