ruang

Hari Pertama Belum Ada Cagub Yang Daftar, KPU Gelar Simulasi

Hari Pertama Belum Ada Cagub Yang Daftar di KPU Jatim
Ruang Gentur
Ruang Gentur
Print PDF

Surabaya, Ruang.co.id – Hari pertama pendaftaran Cagub Cawagub di Pilkada Jatim, Belum ada satupun Paslon yang mendaftar di KPU Jatim.

Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi mengatakan, untuk mengisi kekosongan itu, komisioner KPU Jatim melakukan simulasi pendaftaran Cagub – Cawagub di kantor KPU Jatim, selasa (27/8) siang.

Simulasi ini dilakukan untuk mengevaluasi kemungkinan adanya hal hal yang kurang. Sehingga bisa diperbaiki saat sudah ada yang mendaftar.

“Simulasi ini sebenarnya tidak ada dalam jadwal yang yercantum dalam PKPU. Namun karena hari pertama tidak ada yang mendaftar, daripada kosong kita manfaatkan untk menggelar simulasi atau semacam gladi bersih. Sehingga bila ada yang masih kurang, pada saat ada yang mendaftar tentu saja sudah bisa diperbaiki. Sehingga semua prosesi pendaftaran bisa berjalan lancar”, ujar Aang.

Dalam simulasi tersebut, selain dihadiri seluruh komisioner KPU Jatim beserta seluruh perangkatnya. Hadir juga bawaslu beserta perangkatnya. Disamping itu juga hadir pihak keamanan dari kepolisian dan perangkat keamanan KPU.

Seperti diberitakan sebelumnya, pasangan Bacagub Bacawagub Jatim, Khofifah Indar Parawansyah dan Emil Elestianto Dardak akan mendaftar ke KPU Jatim rabu (28/8). Selain itu kemungkinam besar Paslon lain dari PDIP atau PKB akan mendaftar pada jam atau hari berikutnya atau hari terakhir, kamis (29/8). Sementata ini santer kabar dari DPP PDIP bahwa cagub yang akan diusunh adalah Tri Rismaharini yang saat ini menjabat Menteri Sosial. Namun hingga hari ini PDIP belum mengimumkannya secara resmi. Demikian juga denhan PKB dengan mengacu pada putusan MK PKB juga bisa mencalonkan pasangan sendiri tidak perlu harus koalisi dengan Parpol Lain. Di Pilkada Jatim, PKB masih santer dikabarkan akan mencalonkan KH Marzuki Mustamar.

Baca Juga  KPU Jatim Serahkan Berkas Hasil Tes Kesehatan dan Administrasi Ke Paslon Pilgub