ruang

Merawat Kulit Wajah Tetap Sehat Anti Ribet

Kulit wajah yang sehat dan bercahaya
Ruang Ilham
Ruang Ilham
Print PDF

Surabaya, Ruang.co.id – Kulit wajah yang sehat dan bercahaya adalah kunci penampilan yang memukau. Terdapat 4 tipe kulit yang perlu diketahui untuk penentuan penggunaan produk perawatan kulit, yaitu normal, berminyak, kering, dan kombinasi. Kulit kering ditandai dengan kulit yang terasa ketat berlebihan atau tertarik, kemerahan, kasar, terlihat kusam, dan terasa gatal.

Merawat kulit wajah merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikannya. Cara merawat kulit wajah yang tepat agar tetap sehat tidak harus dengan produk kosmetik atau perawatan di klinik kecantikan yang mahal. Kondisi dan tampilan kulit wajah dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti pertambahan usia, lingkungan, kondisi medis tertentu, dan cara merawat kulit wajah yang Anda lakukan. Ada beberapa cara sederhana dalam merawat kulit wajah yang bisa dilakukan di rumah.

Cuci Wajah secara Teratur

Cuci wajah dua kali sehari, di pagi dan malam hari, menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Gunakan sabun cuci muka sesuai dengan jenis kulit . Hindari mencuci wajah terlalu sering atau menggunakan air yang terlalu panas, karena hal ini dapat mengeringkan kulit.

Gunakan Pelembab

Langkah ini yang biasanya sering dilupakan padahal sangat penting. Setelah membersihkan wajah, gunakan pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk menjaga kelembapan kulit. Pelembap membantu menjaga kulit tetap lembut dan elastis. Lebih baik lagi jika ditambahkan dengan moisturizer guna menghidrasi kulit agar lembab dan menjaga kelembaban tersebut agar tidak mudah hilang dengan menahan kandungan air di dalam lapiran kulit.

Gunakan Tabir Surya

Gunakan tabir surya setiap hari, bahkan saat cuaca mendung atau di dalam ruangan. Paparan sinar UV dapat menyebabkan penuaan dini, kerusakan kulit, dan bahkan kanker kulit. Tabir surya membantu mencegah kulit terbakar dengan menyerap atau memantulkan sinar UV. Tabir surya juga dapat membantu mencegah kondisi hiperpigmentasi menjadi lebih parah. Hindari paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga  Tanda Kamu Terkena Love Bombing, Manipulatif Hubungan

Hindari Sentuhan Berlebihan

Hindari menyentuh wajah Anda terlalu sering, terutama jika tangan Anda kotor. Sentuhan berlebihan dapat menyebabkan penyebaran bakteri dan memperburuk kondisi kulit. Ketika tangan menyentuh wajah, bakteri dan kotoran tersebut bisa berpindah ke kulit wajah, yang dapat menyebabkan infeksi atau jerawat. Menyentuh wajah bisa menyumbat pori-pori dengan kotoran dan minyak dari tangan. Ini dapat menyebabkan munculnya jerawat atau memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada.

Jalani Pola Hidup Sehat

Merawat kulit wajah yang sehat tidak hanya dari luar, tapi juga dari dalam tubuh. Menjalani pola hidup sehat yaitu dengan konsumsi makanan bergizi seimbangdan batasi konsumsi makanan berlemak, penuhi kebutuhan cairan tubuh, rutin berolahraga, istirahat cukup, kelola stres, serta berhenti merokok dan konsumsi minuman beralkohol.

Perawatan kulit wajah yang benar dapat membantu memiliki kulit yang cerah, sehat, dan bebas dari masalah seperti kulit kusam, jerawat, noda hitam, keriput, dan garis halus. Dengan kulit wajah bersih, awet muda, dan cerah berseri, Anda bisa tampil menawan dan lebih percaya diri. (R4)