ruang

PJ Gubernur Jatim Lantik Orang Pusat Pimpin Kota Malang dan Kabupaten Magetan

Dua pejabat dari pemerintahan pusat dilantik PJ Gubernur Jawa Timur jadi Pj walikota Malang dan PJ Bupati Magetan
Ruang Gentur
Ruang Gentur
Print PDF

Surabaya, Ruang.co.id – Dua pejabat dari pemerintahan pusat dilantik PJ Gubernur Jatim, Adhy Karyono menjadi Pj walikota Malang dan PJ Bupati Magetan. Pelantikan dan pengangkatan sumpah jabatan ini digelar di Gedung Grahadi sabtu (10/8) malam.

Dua Pj yang dilantik tersebut antara lain Nizhamul sebagai Pj bupati Magetan dan Iwan Kurniawan Pj Walikota Malang. Pelantikan tersebut didasarkan pada SK Mendagri nomor 100. 1.1.3-3309 tahun 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan penjabat bupati Magetan. Serta SK Mendagri nomor 100.2.1.3-3329 tahun 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan penjabat Walikota malang.

Pengangkatan dan pelantikankedua pejabat yang ditunjuk Mendagri tersebut dikarenakan dua penjabat sebelumnya akan maju dalam Pilkada 2024. Sehingga sesuai aturan bagi pejabat pemerintahan yang akan maju dalam pikada, harus mengundurkan diri.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur, Adhy Karyono meyakini, kedua penjabat pimponan daerah di wilayahnya ini akan mampu menyesuaikan diri dengan permasalahan dan kesulitannya selama masa 5 sampai 6 bulan kepemimpinannya ini. Hal ini larena keduanya merupakan sosok yang berpengalaman.

Nizhamul pernah menjadi pj bupati Batubara sekaligus menjabat Kabiro perencanaan organisasi sekretariat Kemenkumham RI.

Demikian juga Pj walikota malang, Iwan Setiawan. Sebelumnya Iwan menjadi Pj bupati Lebak Banten. Iwan juga diketahui sebagai perencana di pemerintahan pusat. Dari latar belakang jabatan sebelumnya ini, Adhy memastikan keduanya sudah bisa beradaptasi mengelola anggaran di daerah yang jumlahnya terbatas.

” Saya yakin keduanya dapat menyelesaikan PR di daerah yang dipimpinnya seperti, kemiskinan, pengangguran, inflasi dan pelayanan publik, ” ujar Pj Gubernur.

Namun demikian Adhy menegaskan karena masa bhakti kefuanya hanya 6 bulan. Maka keduanya tidak bisa membuat anggaran baru dan hanya menjalankan dari program yang sudah ada. Selain itu keduanya juga todak diperbolehkan melakukan mutasi pada kepala dinas dibawahnya. Karena mutasi hanya bisa dilskukan pemerintah daerah definitif.

Baca Juga  Tak hanya Dijalanan, Satpol PP Gencar Patroli Laut Awasi Penggunaan Alat Tangkap Ikan Ilegal

Selain pelantikan kedua penjabat tersebut. Prosesi pengangkatan jabatan juga dilakukan Pj Ketua Penggerak PKK Jawa Timur, Ny Isye Adhy Karyono kepada Pj ketua penggerak PKK kabupaten Magetan Ny Raja Arena Sumela Nizhamul dan Pj ketua penggerak PKK kabupaten Malang Ny Septiana Iwan Kurniawan.