ruang

Bukan Bali, Ombak Menantang Bagi Peselancar Ternyata Ada di Banyuwangi!

Ruang Hadilies
Ruang Hadilies
Print PDF

Surabaya, Ruang.co.id- Bukan Bali. Ombak menantang bagi peselancar ternyata ada di Banyuwangi Jawa Timur.

Ya, Pantai Plengkung, yang lebih dikenal dengan sebutan G-Land, merupakan surga tersembunyi bagi para peselancar di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Terletak di Taman Nasional Alas Purwo dan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, G-Land menawarkan ombak kelas dunia yang memikat para peselancar dari seluruh penjuru dunia.

Nama G-Land sendiri berasal dari beberapa sumber. Nama “Grajagan” dari Teluk Grajagan, yang menjadi lokasi pantai ini, sedangkan “Green” karena letaknya di tepi hutan tropis yang hijau. Kontur pulau yang menyerupai huruf “G” juga menjadi inspirasi nama ini.

Diakui Menjadi Ombak Nomor Dua Terbaik Dunia

Ombak menantang bagi peselancar, itu karana keunikan G-Land terletak pada ombaknya yang konsisten dan menantang. Ombak di G-Land diklaim sebagai salah satu dari tujuh ombak terbaik di dunia. Bahkan nomor dua setelah Hawaii.

Terbentuknya ombak sempurna ini dikarenakan letaknya yang berada di antara dua daratan, yang berfungsi sebagai pemecah gelombang.  Lokasinya yang terpencil di tengah hutan, jauh dari Kota Banyuwangi (sekitar 80 kilometer atau 2 jam perjalanan), membuat suasana G-Land tetap tenang dan asri.

“Kami biasa membawa tiga papan selancar dengan ukuran berbeda (6’2, 6’4, dan 6’7) untuk berjaga-jaga jika ada kerusakan dan untuk menyesuaikan dengan ukuran ombak yang berbeda,” ujar seorang peselancar yang rutin mengunjungi G-Land.

Waktu terbaik untuk berselancar di G-Land adalah saat musim kemarau, antara bulan April dan Oktober. Pada musim ini, ombak besar di G-Land cenderung konsisten dan menjadi daya tarik utama para peselancar.  “Konon, jika tidak ada ombak di G-Land, maka tidak akan ada ombak di mana pun di Indonesia,” ungkap seorang peselancar lokal.

Baca Juga  Disperpusip Jatim Terima Sertifikat Naskah Primbon Tengger Sebagai IKON Nasional

Namun, popularitas G-Land akhir-akhir ini  membuat tempat ini ramai pengunjung, yang mengakibatkan suasana tidak sepadan dengan keindahannya dahulu.

Walaupun begitu, pesona G-Land sebagai destinasi selancar tetap memikat. Keindahan alam yang masih terjaga, ombak yang menantang, dan suasana yang tenang menjadikan G-Land sebagai tempat yang pas bagi para pecinta adrenalin dan penjelajah alam.

Bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman selancar kelas dunia di G-Land, pastikan Anda mempersiapkan diri dengan matang. Jangan lupa membawa peralatan yang lengkap dan mematuhi peraturan keselamatan. ***