ruang

Paket Satriya Unggul Pilkada Klungkung, Begini Peta Suaranya

Ruang Hadilies
Ruang Hadilies
Print PDF

Bali, Ruang.co.id– Satriya unggul Pilkada Klungkung 2024. Paket I Made Satria-Tjokorda Gde Surya Putra (Satriya), dipastikan mengungguli perolehan suara di Pilkada 27 November 2024.

Satriya akan bertarung melawan dua pasangan kontestan lain, yakni Paket Jaya I Ketut Juliarta – I Made Wijaya, diusung oleh Partai Gerindra, Partai NasDem, PSI, PKN, dan PKS. Pasangan paket lain ialah Paket Astaguna I Made Kasta – I Ketut Gunaksa, diusung oleh Partai Golkar dan Partai Demokrat.

Ketiga pasangan calon berkomitmen untuk memajukan Kabupaten Klungkung dan mensejahterakan masyarakat. Pemenang Pilkada Klungkung akan memimpin Kabupaten Klungkung selama lima tahun, terhitung sejak tahun 2025 hingga 2030.

Berdasarkan peta politik dan hasil Pemilu Legislatif DPRD Klungkung 2024, Paket Satriya diunggulkan untuk meraih kemenangan.

Satriya unggul Pilkada Klungkung 2024, dengan alasan, mengantongi modal suara terbanyak, yaitu 70.944 suara atau 52,16% dari total suara sah. Perolehan suara ini dihitung dari perolehan suara PDIP (54.720 suara) dan sidanya disumbang dari partai pendukung lainnya.

Paket Jaya berada di urutan kedua dengan total 44.995 suara (33,08%), sedangkan Paket Astaguna berada di posisi buncit dengan total 18.460 suara (13,57%).

Paket Satriya, yang diusung oleh PDIP dan partai pendukung, mendaftar di KPU Klungkung pada Kamis (29/8) pukul 10.00 WITA. Sebelum mendaftar, mereka melakukan deklarasi bersama ribuan pendukung di Alun-Alun Ida Dewa Agung Jambe, Kota Semarapura, Klungkung.

“Ke depan, tugas kami akan menyelesaikan apa yang belum tuntas untuk mewujudkan Kabupaten Klungkung yang maju dan sejahtera. Kita selesaikan masalah besarnya dulu,” tegas I Made Satria kepada awak media.

Satria juga berjanji untuk melanjutkan program-program pembangunan yang telah baik di Klungkung dan memperbaiki yang belum tergarap, dengan fokus pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat dan peningkatan infrastruktur dasar.

Baca Juga  H-1 Kemerdekaan RI, Woobar Bali Siap Menggelar Silent Disco yang Meriah

Terkait pembangunan, Satria menjanjikan kelanjutan program mantan Bupati Suwirta, yang kini menjadi ketua tim pemenangan.

“Sepuluh tahun membangun Suwirta terbukti sukses. Kami akan lengkapi dan perbaiki lagi yang belum maksimal, utamanya kebutuhan dasar seperti air, dan infrastruktur jalan,” pungkas Satria.

Sebelumnya, Pilkada Klungkung akan berlangsung pada Rabu, 27 November 2024.  Persaingan diprediksi akan ketat, namun Paket Satriya di atas kertas memiliki keunggulan yang cukup signifikan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klungkung resmi menetapkan tiga pasang calon Bupati dan Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) yang akan bertarung di Pilkada Serentak 2024. Pendaftaran ditutup pada Kamis (29/8/2024) pukul 23.59 WITA. (ide/rci).