Platform CUAN DPRD Jatim, Solusi Curhat Rakyat Tanpa Jarak

Platform CUAN DPRD Jatim
DPRD Jatim luncurkan Platform CUAN, saluran curhat resmi untuk rakyat. Aspirasi didengar dekat & cepat, dicarikan solusi tepat oleh dewan. Foto: Istimewa
Ruang Gentur
Ruang Gentur
Print PDF

Bojonegoro, Ruang.co.id – Program curhato nang dewan melalui kanal aspirasi masyarakat, diluncurkan DPRD Provinsi Jatim melalui Platform ‘CUAN’. Peluncuran ini

DPRD Provinsi Jawa Timur resmi meluncurkan kanal aspirasi masyarakat melalui dilakukan di sela kegiatan Pasar Rakyat di Lapangan Bola Desa Padangan Kabupaten Bojonegoro, Jumat (3/10) malam.

Peluncuran ibi Dibuka Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Sri Wahyuni. Acara ini dihelat sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-80 Provinsi Jawa Timur. Selain dihadiri ribuan masyarakat, acara ini juga dihadiri, Bupati Bojonegoro Setyo Wahono, Wakil Bupati Bojonegoro Nurul Azizah, serta jajaran Forkopimda Bojonegoro.

Dalam sambitannya, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Sri Wahyuni menegaskan, program ā€˜CUANā€ atau Curhato Nang Dewan adalah platform komunikasi yang dapat diakses melalui sambungan telepon di nomor 0813-3838-1388.

Program ini sengaja dibuat untuk menyediakan jaringan komunikasi intens dan tak berjarak antara anggota DPRD dengan masyarakat.

ā€œSelama ini relatif masih ada hambatan komunikasi antara masyarakat dan Dewan dalam memperoleh perlindungan maupun solusi,ā€ kata Sri Wahyuni.

ā€œPadahal, di tengah kondisi perekonomian global yang melemah seperti saat ini, sangat dibutuhkan komunikasi yang lebih intens dan terarah dengan masyarakat,ā€ tandas Legislator Fraksi Partai Demokrat ini.

Seringkali masyarakat lebih memilih cara instan dengan menyampaikan uneg-uneg secara emosional, bahkan tak jarang informasi yang belum terverifikasi tersebar luas di media sosial. yang tujuannya sekedar supaya viral tanpa alur pemecahan masalah yang jelas.

ā€œKarena itu, agar tidak kalah oleh derasnya arus media sosial, perlu dihadirkan platform rumah curhat yang tepat bagi masyarakat dengan mekanisme kroscek. Sehingga solusi yang diberikan benar-benar akurat. Lewat CUAN inilah kita berharap penyampaian aspirasi masyarakat bisa tersalurkan dengan lancar dan membuahkan solusi,ā€ tambahnya.

Baca Juga  DPRD Jatim Terapkan Piket Harian: Wujud Nyata Pelayanan Publik

Lewat platform CUAN, masyarakat bisa menyampaikan masalahnya secara dekat, cepat dan tepat. Sebab begitu ada masalah yang disampaikan maka DPRD Jatim akan langsung menindaklanjuti. Tim akan segera memproses aduan ke komisi yang terkait untuk kemudian dicarikan solusi yang tepat dari masalah tersebut.

ā€œKita pastikan bahwa curhatan yang disampaikan akan diproses. Seperti selama ini jika ada masalah, masyarakat datang ke dewan untuk mengadu. Kemudian ditindaklanjuti dengan hearing dengan menghadirkan pihak-pihak yang terkait. Nah lewat CUAN ini prosesnya akan lebih mudah dan lebih dekat,ā€ tukasnya.

Sementara itu, terkait dengan gelaran Pasar Rakyat, Sri Wahyuni menyebutkan, bahwa kegiatan ini digelar tiga hari berturut-turut yakni tanggal 3 sampai 5 Oktober 2025. Seluruh acara dipusatkan di Lapangan Bola Desa Padangan Kab Bojonegoro. Acara ini digelar gratis untuk masyarakat Jatim.

Saat pembukaan menghadirkan panggung hiburan dengan menampilkan Guyon Waton Mr Jono dan Joni.

Kemudian pada tanggal 4 Oktober menghadirkan Cak Percil Cs dan Yunna Amora. Kemudian tanggal 5 Oktober menghadirkan Cak Sodiq, Uinoqi Entertainment dan Show Magical Firework.

ā€œPasar Rakyat ini bukan sekadar panggung perayaan, melainkan komitmen kita bersama untuk terus berpihak pada UMKM, petani, nelayan, pedagang kecil, dan seluruh lapisan masyarakat yang setiap hari berjuang untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga,ā€ pungkasnya.