ruang

Haruskah Operasi Plastik untuk Atasi Sinusitis?

Sinusitis
Foto: ilustrasi
Ruang Ilham
Ruang Ilham
Print PDF

Surabaya, Ruang.co.id – Sinusitis, peradangan pada rongga sinus, menjadi masalah kesehatan yang semakin sering muncul di Indonesia. Hal ini kondisi peradangan atau pembengkakan pada jaringan yang melapisi sinus. Sinus adalah rongga-rongga kecil yang berisi udara di sekitar tulang wajah. Ketika sinus mengalami peradangan, saluran yang menghubungkan sinus dengan hidung akan menyempit atau tersumbat, sehingga menyebabkan lendir menumpuk dan menimbulkan berbagai gejala tidak nyaman.

Penyebab Sinusitis

Adanya peradangan pada rongga sinus ini karena berbagai faktor, mulai dari infeksi virus, bakteri, atau alergi. Kondisi ini juga dapat terjadi karena adanya polip hidung yakni ada pertumbuhan jaringan lunak di dalam hidung yang dapat menghalangi saluran sinud dan menyebabkan infeksi berulang. Selain itu juga dapat terjadi karena struktur tulang hidung yang abnormal sehingga dapat mengganggu aliran udara dan meningkatkan risiko sinusitis sendiri.

Gejala Sinusitis

Gejala sinusitis dapat bervariasi tergantung pada penyebab dan tingkat keparahannya. Sinusitis ditandai oleh berbagai gejala yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala yang paling umum dirasakan oleh penderita sinusitis antara lain nyeri pada wajah yang terasa tumpul dan berdenyut, terutama di sekitar dahi, pipi, atau mata. Hidung tersumbat juga merupakan keluhan yang sering muncul, bahkan dapat menyebabkan kesulitan bernapas melalui hidung.

Selain itu, penderita sinusitis juga sering mengalami hidung berair atau ingus berwarna kuning atau hijau, demam ringan, batuk, dan sakit kepala. Pada beberapa kasus, sinusitis juga dapat menyebabkan bau mulut dan rasa tidak enak di tenggorokan. Intensitas dan durasi gejala sinusitis dapat bervariasi pada setiap individu, tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan peradangan sinus.

Pengobatan Sinusitis

Pengobatan sinusitis bertujuan untuk mengurangi peradangan, meredakan gejala, dan mencegah komplikasi. Pilihan pengobatan yang tepat akan disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahan sinusitis.

Baca Juga  5 Dampak Negatif Suka Merokok

Pengobatan rumahan diantaranya dengan mengompres hangat pada wajah dapat membantu mengurangi nyeri dan meredakan sinus. Bisa juga dengan cuci hidung secara teratur dengan larutan garam dapat membantu membersihkan lendir dan mengurangi sumbatan. Kemudian jangan sampai terlewatkan minum air putih yang cukup membantu mengencerkan lendir dan mempermudah pengeluarannya. Dan yang terakhir yang paling penting yaitu istirahat yang cukup membantu tubuh memulihkan diri dari infeksi.

Sedangkan untuk prosedur medis, konsumsi obat-obatan anjuran dari dokter untuk membantu mengurangi rasa nyeri, pembengkakan dan peradangan pada saluran hidung sehingga pernafasan menjadi lebih lega. Serta obat antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi.

Pencegahan Sinusitis

Meskipun tidak selalu dapat dicegah sepenuhnya, lakukan langkah yang dapat membantu mengurangi risiko terkena sinusitis. Hal tersebut seperti hindari pemicu alergi jika memiliki alergi pada kondisi tertentu. Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan konsumsi makanan sehat, olahraga, dan istirahat yang cukup.

Kapan Operasi Sinus Diperlukan?

Segera konsultasikan dengan dokter jika kamu mengalami gejala sinusitis yang persisten atau memburuk. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin melakukan tes tambahan untuk menentukan penyebab sinusitis dan memberikan pengobatan yang tepat.

Operasi sinus, seperti Functional Endoscopic Sinus Surgery (FESS), umumnya terjadi ketika pada kasus sinusitis kronis yang tidak membaik dengan pengobatan medis, dokter mungkin akan menyarankan operasi untuk membersihkan rongga sinus. Dalam kasus yang parah atau kronis, operasi mungkin perlu untuk memperbaiki struktur hidung atau menghilangkan polip.

Operasi sinus bukanlah satu-satunya pilihan untuk mengatasi sinusitis. Tidak semua kasus sinusitis memerlukan operasi hidung. Banyak kasus sinusitis dapat teratasi dengan pengobatan medis dan perawatan di rumah. Operasi biasanya menjadi pilihan terakhir setelah pengobatan medis tidak memberikan hasil yang signifikan.

Baca Juga  Semarakkan HJKS ke-731, Line Dance Bareng Nang Tunjungan

Medis menganjurkan operasi hanya dalam kasus-kasus tertentu. (R4)