ruang

Antusias Mudik Gratis 17 Kabupaten/Kota Dilepas Penjabat (Pj) Gubernur Jatim

pemberangkatan
Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono, Kadishub Jatim dan kepala Jasa Raharja Cabang Utama Jatim memberangkatkan 3.840 peserta mudik gratis diberangkatkan menuju 17 kabupaten/kota se Jawa Timur.
Ruang redaksi
Print PDF

Surabaya, Ruang.co.id – Program mudik gratis Pemerintah Provinsi Jawa Timur disambut antusias ribuan masyarakat Jatim. Para pemudik nampak antusiasi sejak Minggu pagi (7/4) berkumpul di depan kantor Dinas Perhubungan Jawa Timur Jalan Ahmad Yani Surabaya.

Momen mudik kali ini terasa lebih spesial dari tahun sebelumnya, pasalanya para pemudik bisa merayakan lebaran di kampung halaman tanpa bayang-bayang covid-19, dalam program pemprov jatim 3.840 peserta mudik gratis diberangkatkan menuju 17 kabupaten/kota se Jawa Timur.

Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono Bersama Kadishub Jatim dan kepala Jasa Raharja Cabang Utama Jatim serta Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Timur dan Forkopimda Jawa Timur. Secara langsung memberangkatkan armada bus pada pukul 08.00 WIB. Dalam peberangkatan ribuan pemudik ini Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono, menyampaikan bahwa mudik gratis ini meruapakan agenda tahunan yang rutin digelar.

“Hari ini kita melepas warga Jatim yang di Surabaya untuk (mudik) ke 17 kabupaten/kota. Arus baliknya juga demikian, kami juga akan menyiapkan moda transportasi,” ujar Adhy.

Selain itu, karena tingginya angka pergerakan masyarakat pemudik menuju Jatim yang mencapai 31 juta orang lebih ini. Program mudik gratis menjadi upaya Pemprov Jatim mencegah peningkatan angka kecelakaan lalu lintas selama masa mudik lebaran.

“Mudik tahun ini istimewa karena liburnya cukup panjang, oleh karena itu terjadi lonjakan pergerakan mudik di Jawa Timur, diperkirakan 31 juta orang akan ke sini (Jatim),” jelas Adhy.

Tak hanya menekan angka kecelakaan, program mudik gratis ini juga menjadi strategi mengurai titik kemacetan. Sebab, para pemudik yang biasanya memakai kendaraan pribadi, kini beralih ke transportasi gratis yang disediakan Dishub Jatim.

Baca Juga  Lagi Asyik Ngamar, 10 Pasangan Mesum Diciduk Polisi

Pada mudik gratis tahun ini, Dishub Jatim menyediakan sekitar 96 armada bus untuk mengantar ribuan peserta ke kampung halamannya. Sementara itu wilayah yang paling banyak dituju adalah Kabupaten Ponorgo, kemudian disusul Kabupaten Pacitan dan Magetan.

Untui ke depannya, Adhy meminta kepada pihak Dishub Jatim supaya menggelar program mudik gratis dengan lebih meriah. Misalnya dengan membagikan sejumlah hadiah supaya masyarakat Jatim lebih banyak yang tertarik.

“Untuk warga Jatim yang hari ini akan mudik saya doakan semoga aman, lancar dan segera bertemu keluarga dan sanak saudara di kampung halaman,” ungkap Adhy. (R2)