ruang

Ngantuk Setelah Makan Siang? Ini Dia Penyebabnya!

Ngantuk setelah Makan siang
Gambar: Ilustrasi makan siang
Ruang Ilham
Ruang Ilham
Print PDF

Surabaya, Ruang.co.id – Pernahkah kamu merasa sangat mengantuk setelah menyantap makan siang? Rasanya kayak seluruh energi kita terkuras habis untuk nyeruput semangkuk bakso.

Kondisi ini sangat umum terjadi dan seringkali mengganggu produktivitas. Lantas, apa sebenarnya penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Mengapa Kita Ngantuk Setelah Makan Siang?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rasa kantuk melanda setelah makan siang:

Aliran Darah ke Otak Berkurang

Setelah makan, tubuh akan mengalihkan sebagian besar aliran darah ke sistem pencernaan untuk membantu proses penyerapan nutrisi. Hal ini menyebabkan suplai oksigen ke otak berkurang sementara, sehingga memicu rasa kantuk.

Asupan Karbohidrat

Makanan yang tinggi karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah secara cepat. Ketika kadar gula darah turun drastis setelah beberapa waktu, tubuh akan merespons dengan melepaskan hormon melatonin yang membuat kita merasa mengantuk.

Kurang Tidur

Jika kamu kurang tidur di malam hari, tubuh akan berusaha untuk “menagih utang” tidur di siang hari, terutama setelah makan.

Suasana Lingkungan

Suasana yang terlalu tenang atau monoton setelah makan siang juga bisa memicu rasa kantuk.

Setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda. Jika kamu merasa sering mengantuk setelah makan siang meskipun sudah berusaha menerapkan tips di atas.

Dengan memahami penyebabnya dan menerapkan beberapa perubahan gaya hidup, kita dapat mengatasi masalah ini dan menjalani hari dengan lebih produktif dan berenergi.

Baca Juga  Tips dan Trik Menangani Speech Delay pada Anak