KAI Commuter Surabaya Maksimalkan Pelayanan Nataru 2024 dengan Inovasi Andal

KAI Commuter Surabaya
KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya mencatat 141 ribu lebih penumpang dalam 3 hari pertama Nataru 2024.
Ruang M Andik
Ruang M Andik
Print PDF

Surabaya, Ruang.co.id – Selama tiga hari pertama masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya telah melayani lebih dari 141 ribu pengguna. Dengan volume penumpang yang terus meningkat, berbagai langkah strategis disiapkan untuk memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus, menegaskan bahwa layanan kereta komuter di Surabaya dan sekitarnya terus berkomitmen memberikan pengalaman terbaik bagi para penumpang. “KAI Commuter terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik selama masa liburan Natal dan Tahun Baru yang diprediksi akan mengalami peningkatan volume pengguna,” ujarnya.

Dalam menghadapi lonjakan penumpang pada momen puncak Nataru, seperti Natal pada 25 Desember 2024, KAI Commuter telah menambah 441 petugas tambahan. Mereka terdiri dari 36 petugas posko, 82 petugas stasiun, 59 passenger service, 93 petugas walka, dan 230 petugas pengamanan stasiun (PAM). Langkah ini bertujuan menjaga kelancaran operasional dan memastikan keamanan para pengguna.

Joni juga mengungkapkan bahwa perawatan intensif terhadap armada kereta menjadi prioritas. “Selain menambah petugas, KAI Commuter juga melakukan perawatan intensif pada seluruh armada kereta demi memastikan operasional yang aman dan andal. Inspeksi berkala dilakukan untuk meminimalkan potensi gangguan teknis yang dapat menghambat perjalanan pengguna,” jelasnya.

Untuk mendukung kelancaran perjalanan, KAI Commuter menghadirkan 60 perjalanan Commuter Line setiap harinya. Hal ini mempermudah mobilisasi pengguna di wilayah Surabaya dan sekitarnya selama masa liburan Nataru.

Sistem tiket elektronik juga diperkuat untuk mengurangi antrean di loket. Penumpang diimbau memanfaatkan layanan pembelian tiket online melalui aplikasi KAI Access agar proses check-in dan boarding di stasiun lebih cepat dan efisien.

“Kami mendorong pengguna untuk merencanakan perjalanan lebih awal dan tiba di stasiun setidaknya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan. Dengan ini, kami berharap pelayanan menjadi lebih lancar dan memuaskan,” tambah Joni.

Baca Juga  Siaga SAR Khusus NATARU 2024: Kantor SAR Surabaya Siap Amankan Liburan Akhir Tahun

KAI Commuter juga terus mengedukasi para pengguna untuk mematuhi peraturan keselamatan dan menjaga barang bawaan selama perjalanan. Informasi lebih lanjut mengenai jadwal dan layanan dapat diakses melalui call center 121 atau situs resmi KAI Commuter.

“Dengan segala persiapan yang dilakukan, KAI Commuter berharap dapat memberikan pengalaman perjalanan yang menyenangkan dan berkesan bagi seluruh penumpang di masa liburan Nataru 2024,” tutup Joni.