ruang

Ini Alasan Pesawat Selalu Goyang Saat Melintasi Awan

Pesawat saat melintasi awan
Gambar: Ilustrasi pesawat sedang melintasi awan
Ruang Ilham
Ruang Ilham
Print PDF

Surabaya, Ruang.co.id – Pernahkah kamu merasakan sensasi sedikit goyang saat pesawat melintasi awan? Fenomena ini adalah hal yang umum terjadi dan sering membuat penumpang penasaran.

Sebenarnya, apa yang menyebabkan pesawat menjadi tidak stabil saat melintasi hamparan putih di langit?

Awan terbentuk dari kumpulan tetesan air atau kristal es yang melayang-layang di udara. Pergerakan udara di dalam awan sangat dinamis, udara hangat naik dan udara dingin turun secara cepat dan tidak beraturan.

Tidak semua tetesan air di dalam awan memiliki ukuran yang sama. Ada yang sangat kecil, seperti kabut, dan ada yang cukup besar, seperti hujan.

Tetesan air yang lebih besar dan padat dapat memberikan tekanan yang lebih besar pada pesawat saat pesawat melaluinya. Hal ini bisa menyebabkan guncangan yang lebih terasa.

Di dalam awan, seringkali terdapat arus angin yang bergerak ke atas dan ke bawah. Ketika pesawat melawan arus angin yang naik, pesawat akan mengalami gaya angkat yang lebih besar, dan sebaliknya. Perubahan gaya angkat ini dapat menyebabkan pesawat bergoyang.

Nah, sudah tidak perlu khawatir berlebihan lagi kalau pesawat akan menjadi goyang saat melintasi awan karena ini fenomena yang wajar.

 

Baca Juga  Peran Orang Tua dalam Mencegah Bullying pada Anak