ruang

Waktu Terbaik untuk Jalan Kaki Menurunkan Berat Badan

Waktu terbaik untuk jalan kaki
Gambar: Ilustrasi aktivitas jalan kaki
Ruang Ilham
Ruang Ilham
Print PDF

Surabaya, Ruang.co.id – Siapa bilang olahraga harus selalu berat dan melelahkan? Jalan kaki, meskipun banyak yang bilang aktivitas sepele, ternyata punya potensi besar untuk membantumu mencapai berat badan ideal.

Selain membakar kalori, aktivitas sederhana ini juga punya segudang manfaat untuk kesehatan mental dan fisik.

Pilihan Waktu yang Umum Disarankan

Waktu yang tepat untuk jalan kaki guna menurunkan berat badan sebenarnya tergantung pada jadwal dan preferensi pribadi, namun ada beberapa waktu yang umumnya dianggap efektif.

Pagi Hari

Jalan kaki di pagi hari sebelum sarapan dapat membantu membakar lemak karena tubuh cenderung menggunakan lemak sebagai sumber energi. Selain itu, pagi hari biasanya memiliki udara yang lebih segar dan suasana yang tenang. Hal ini juga dapat memberikan dorongan energi yang baik untuk memulai hari.

Setelah Makan

Jalan kaki ringan sekitar 30 menit setelah makan dapat membantu pencernaan dan mencegah penumpukan lemak. Ini juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah.

Sore atau Malam Hari

Jika kamu tidak punya waktu di pagi hari, berjalan di sore atau malam hari setelah bekerja bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan Susana hati dan mengurangi stres sekaligus membakar kalori.

Jalan kaki juga akan lebih efektif jika mengimbangi dengan pola makan yang sehat dan seimbang.  Untuk membakar lebih banyak kalori, cobalah untuk berjalan dengan kecepatan yang lebih cepat atau menambahkan interval berjalan cepat dan lambat.

Yang paling penting adalah konsistensi. Pastikan untuk melakukannya secara rutin dan dengan durasi yang cukup, misalnya 30-60 menit setiap hari. Agar selalu fit, kamu harus bergerak dan aktif secara fisik setiap hari.

Baca Juga  Asamnya Buah Lemon Bikin Segar, Khasiatnya Bikin Melongo!